Saturday 7 May 2016

Tutorial Membuat Segitiga bintang atau piramid dengan mudah menggunakan C++ dengan penjelasan singkatnya

Tutorial C++

Segitiga

hello guys, selamat siang, bagaimana kabarmu, semoga sehat selalu ya !! oke, sekarang saya akan memberitahu kalian tentang membuat sebuah bentuk segitiga atau piramid bintang menggunakan C++. tak hanya segitiga, kalian juga bisa membentuk sebuah kotak, belah  ketupat, love untuk orang tersayang, dll.

ini mudah guys, tinggal kalian pahami aja. saya akan menggunakan Perulngan For dalam Tutorial kali ini. oke, langsung saja

CEK CODOTT...hahahaha

ini dia gambarnya.


ini dia codingnya.


#include<iostream>

using namespace std;

main(){
for (int a=1;a<=10;a++){
for(int b=10;b>=a;b--){
cout<<" ";
}
for(int c=1;c<=a;c++){
cout<<"*";
}
for(int d=2;d<=a;d++){
cout<<"*";
}
cout<<endl;
}
return 0;
}

bagaimana ?? kalian bingung dengan coding tersebut ?? sama..hahaha..tidak lah saya bercanda.

saya akan menjelaskan secara singkat coding tersebut. sesuai pemahaman saya, saya harap kalian akan  paham.
 oke kita disini menggunakann For Bersarang (nested for).

for pertama akan mencetak 1 - 10, tapi tidak ditampilkan (karena tidak ada perintah output untuk menampilkan sesuatu, yang ada hanya perintah outup untuk enter(endl), enter tersebut yang akan membuat angka yang kita masukkan menjadi kebawah), sedangkan for kedua terdapat didalam for pertama(nested for). ini juga tidak akan menampilkan sesuatu for ini hanya menampilkan spasi kosong.
for ketiga (for untuk membentuk segitiga).

for(int c=1;c<=a;c++){
cout<<"*";
}
for ini akan menampilkan dari 1 sampai dengan a ( artinya, misal, saat a= 10, maka c akan mencetak 1 sampai 10, saat a=9, maka c akan mencetak dari 1 - 9, dan seterusnya sama c <= a, semoga kalian paham ).

begitu juga dengan for yang ke empat.

for(int d=2;d<=a;d++){
cout<<"*";
}

bedanya, for keempat disini akan mulai mencetak dari 2 ( perulangan berkurang satu, yang tadinya 1 sampai 10, sekarang 2 - 10), sehingga nanti yang akan membuat sudut lancip pada segitiga. tidak lucu kan kalau segitiga tumpul ?? ahahaha, makannya harus dilancipin.

nah terakhir fungsi endl-nya. "endl" tersebut berada pada for pertama, yang akan membuat angka tegak lurus. seperti yang sudah saya katakan pada for pertama tadi diatas.

oke saya rasa cukup sekian dulu.

Salam Teknoo.......!!



note : Jika ada yang kurang paham bisa hubungi saya via email,

terima kasih telah berkunjung..!!

tags : Perulangan for, perulangan, membuat segitiga dengan C++, Segitiga, C++, persegi, piramid, piramid bintang, segitiga bintang.

No comments:

Post a Comment