Saturday 7 May 2016

Tutorial C++ Tentang Perulangan Membuat kotak dengan penjelasan singkatnya

Tutorial C++


hello friend, sekarang saya akan memberitahu kalian tentang perulangan. saya akan membuat sebuah bentuk kotak dengan C++. sangat mudah sebenarnya, jika kalian mau belajar tentu hal semacam ini bisa dilakukan dengan mudah. tak hanya bentuk kotak, bentuk segitiga, belah ketupat, dll, bisa dilakukan bahkan bentuk Love untuk seorang yang anda sayangipun bisa dilakukan. ya walaupun bentuk lovenya gak sempurna, kalau membentuk cinta harus benar-benar dengan perasaan.
oke langsung saja, daripada Baper..hahaha

CEK CODOT...!!



#include<iostream>
using namespace std;
main(){
int n;
cout<<"Masukkan Nilai n : ";cin>>n;
if(n>2){
for(int d=0;d<=n;d++){
cout<<"*";
}
for(int a=0;a<=n-3;a++){
cout<<"\n"<<"*";
for(int c=0;c<n;c++){
if(c==n-1){
cout<<"*";
}
else{
cout<<" ";
}
}
}
cout<<endl;
for(int b=0;b<=n;b++){
cout<<"*";
}
}
else{
cout<<"tidak bisa";
}
return 0;
}

silahkan tulis kode diatas.
kemudian Run.

penjelasan singkatnya.
saya akan menjelaskan tentang for-nya saja. saya anggap kalian sudah tahu tentang input dan outputnya. oke.
for pertama akan mencetak angka dari 1-5 dengan mendatar.
for(int d=0;d<=n;d++){
cout<<"*";
}
for kedua akan mencetak  angka kebawah ( karena ada "\n"). dari 1-N (misal N'nya 5) jika N  = 5 maka akan mencetak angka dari satu sampai 5, dan for didalmnya atau selanjutnya akan mencetak for mendatar. jika digabungkan keduannya akan membentuk kotak,  tapi, tidak bolong tengah.
seperti ini


nahh, kegunaan dari logika if dan else adalah untuk membuat kota berlubang, seperti ini.


for(int a=0;a<=n-3;a++){
cout<<"\n"<<"*";
for(int c=0;c<n;c++){
if(c==n-1){
cout<<"*";
}
else{
cout<<" ";
}
}
}
cout<<endl;

jika sudah. sekarang kita sekarang tinggal menambahkan sebuah penutup.

cout<<endl;
for(int b=0;b<=n;b++){
cout<<"*";
}
endl sebelum for akan membuat pindah baris dahulu, supaya tidak terjadi penumpukan.
for tersebut fungsinya sama dengan for nomor 1, yaitu mencetak for secara mendatar.

oke, saya rasa cukup sekian dari saya.

Salam Tekno...

note : jika ada yang ingin ditanyakan mengenai coding tersebut, bisa ditanyakan via email saya,

terima kasih telah berkunjung.

tags : Membuat kotak dengan mudah dengan C++, kotak, C++.

No comments:

Post a Comment